Forum Wirausaha Inovatif adalah komunitas wirausaha inovatif dari program Wirausaha Inovatif Berbasis Sosial dan Lingkungan (WIBSL) 2015, 2016 dan Wirausaha Inovatif Sumatera 2017. Program ini diinisiasi oleh Yayasan Inotek dan PT. HM Sampoerna Tbk. Setelah 3 tahun program berjalan, komunitas wirausaha inovatif berinisiatif menjaga silaturahmi melalui kegiatan tatap muka. Desa Nglanggeran, Gunung Kidul dipilih sebagai lokasi silaturahmi karena merupakan pemenang tiga terbaik Wirausaha Inovatif Berbasis Sosial dan Lingkungan tahun 2015. Desa ini adalah kawasan ekowisata yang berwawasan lingkungan dan berbasis masyarakat sehingga nyaman untuk dijadikan tempat bertatap muka, berdiskusi, dan berwisata. Selain itu, peserta dapat mempelajari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pengelola untuk meningkatkan ekonomi berbasis masyarakat.

Dengan slogan “Reuni, Bersatu dan Bersinergi” ajang silaturahmi ini sebagai wadah bertukar pikiran, berbagi pengalaman, berjejaring, dan meningkatkan kerjasama bisnis. Acara ini akan dihadiri oleh 29 anggota Wirausaha Inovatif yang berdomisili di Jawa dan Sumatera.

Acara dimulai tanggal 24 Oktober 2018 jam 17.00 dengan sambutan oleh Bapak Catur Wicaksono, Ketua Panitia Forum Silaturahmi. Beliau menyampaikan terima kasih kepada para peserta atas kesediaannya hadir di Desa Nglanggeran dan semoga acara ini bermanfaat bagi para peserta. Selanjutnya adalah pembukaan oleh Bapak Riyadi, Kepala Seksi Pengembangan Usaha, Dinas Koperasi dan UMKM Gunung Kidul. Beliau menyampaikan bahwa Dinas KUKM mendukung dan menyambut baik penyelenggaraan Forum Silaturahmi Wirausaha Inovatif di Desa Nglanggeran. Harapannya, seluruh peserta dapat bersinergi dan bersilaturahmi serta menikmati kawasan wisata Gunung Purba.

Jam 20.00, peserta berkumpul kembali di pendopo untuk saling berkenalan, menyampaikan sektor usaha, target pasar, strategi marketing dan berbagi pengalaman usaha. Dimulai dari peserta WIS tahun 2017, WIBSL 2016 dan dilanjutkan WIBSL 2015. Setelah acara perkenalan, peserta saling bersinergi dan berdiskusi/brainstorming berdasarkan sektor usaha. Diharapkan dari perkenalan ini, peserta saling terinspirasi mendapatkan solusi bisnis yang komprehensif dan termotivasi dengan saling memberikan energi positif.

Tanggal 25 Oktober 2018, setelah menyaksikan sunrise, peserta kembali berkumpul di pendopo jam 08.00. Sesi ini dihadiri oleh perwakilan dari PT. HM. Sampoerna Tbk. yaitu Ibu Sekar dan Bapak Aya. Pada sesi ini, peserta memperkenalkan diri, menyampaikan dampak setelah mengikuti program, dan memberikan saran untuk program selanjutnya. Dampak dari mengikuti program adalah peserta diakui menjadi wirausaha inovatif dan memperkuat strategi marketing.

Peserta berkomitmen bahwa acara ini akan berlangsung tahunan, dimana tahun depan akan diselenggarakan di Malang bulan September 2019.

Komentar

comments

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Inotek © 2014 - 2017