Sosialisasi Program Mentoring Yayasan Inovasi dan Teknologi di Kota Salatiga

14 September 2014

Pada tanggal 30 Juni 2014, Yayasan Inotek bekerjasama dengan Biro Inovasi Riset Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga melakukan sosialisasi program mentoring di Ruang Probowinoto, Gedung G Lt. 5, Kampus Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dari jam 10.30 – 12.00.

Biro Inovasi Riset UKSW merupakan unit yang berada dibawah kantor Pembantu Rektor V Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Tujuan dari sosialisasi ini adalah memperkenalkan Yayasan INOTEK dan program-program yang dijalankan yaitu program mentoring kepada para pemangku kepentingan yang tertarik terhadap inovasi yang berkaitan dengan IPTEK dan entrepreneurship. Selain itu sosialisasi ini bertujuan untuk berkolaborasi dalam program yang relevan untuk mendorong tumbuh kembangnya kewirausahaan berbasis teknologi yang tepat guna antara INOTEK dengan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) serta masyarakat Kota Salatiga.

Acara sosialisasi ini dibuka langsung oleh Rektor UKSW Prof. Pdt. John A. Titaley, Th.D  dan menghadirkan Pembantu Rektor V UKSW Neil S. Rupidara, SE.,M.Sc.,Ph.D dan Direktur Eksekutif INOTEK Diyanto Imam sebagai pemateri.

Dalam acara tersebut , Bapak Diyanto Imam memaparkan tentang program INOTEK. INOTEK adalah yayasan yang bergerak dalam hal inovasi teknologi yang mempunyai keinginan mendukung pemanfaatan dan komersialisasi inovasi teknologi tepat guna. Kegiatan utamanya adalah sebagai inkubator bisnis yang mempunyai perbedaan dengan inkubator lainnya karena fokusnya pada teknologi tepat guna. “Kami hanya membantu mereka yang sudah memiliki prototype dan kendalanya masih banyak yang belum bisa keluar dari ranah prototype laboratorium sehingga kita mendapatkan manfaat yang lebih besar,” tutur bapak Diyanto terkait komersialisasi inovasi saat ini.

Johan J.C. Tambotoh, SE.,MTI Kepala BIR UKSW mengungkapkan acara ini juga sekaligus sebagai pelucuran Biro Inovasi Riset UKSW. Acara ini diikuti sejumlah dosen dilingkungan UKSW, perwakilan dari Pemerintah Kota Salatiga dan UMKM serta tamu undangan lainnya.

Yayasan INOTEK secara rutin akan melaksanakan kegiatan sosialisasi ke kota-kota lainnya dengan harapan dapat menjaring inovator berbasis IPTEK untuk mengikuti program mentoring. Selain itu,  melalui kegiatan sosialisasi ini, INOTEK akan meningkatkan kerjasama dengan organisasi dan institusi lainnya yang bertujuan menciptakan ekosistem teknopreneur yang lebih kondusif.

Related Article

Clarias