Bincang-Bincang Wirausaha Inovatif Sumatera digelar di Pekanbaru sebagai puncak acara Program Wirausaha Inovatif Sumatera. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Yayasan Inotek Indonesia bekerjasama dengan PT HM Sampoerna di bawah payung Sampoerna Untuk Indonesia ini digelar di Hotel Premiere, Pekanbaru, Sabtu (16/9).

Program Manager Yayasan Inotek Indonesia, Setyowati Rahayu mengatakan kegiatan tersebut digelar dalam rangka meningkatkan daya saing para pelaku usaha. Program Wirausaha Inovatif Sumatera tidak hanya digelar di Pekanbaru, tetapi juga diadakan di Medan, Banda Aceh, Padang, Palembang dan Bandar Lampung. Pekanbaru jadi kota penutup dari Program ini.

Pada kegiatan ini menghadirkan pembicara Owner Sweet Sundae Ice Cream, Andromeda, Business Coach Intras , Ari H. Handojo, dan Direktur Bumi Braja Nusantara, Ratna Kosasih. Andromeda menyampaikan kepada peserta bahwa dalam membangun usaha, para wirausahawan jangan hanya terpaku pada masalah. “Seorang enterpreneur harus bisa menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi dengan berbagai ide,” katanya. Sedangkan Direktur Bumi Braja Nusantara, Ratna Kosasih mengatakan modal dalam membuka usaha memang jadi bagian penting, namun bukan yang utama. “Meski demikian tanpa modal sebenarnya para wirausahawan masih bisa membangun usahanya dengan ide kreatif dan inovasi,” tuturnya.

Manager Area Ritel Engagement Sampoerna Cabang Pekanbaru, Syafril mengatakan program ini dilakukan sebagai bentuk peran serta perusahaan dalam membangun ekonomi masyarakat. Kegiatan ini menjadi salah satu agenda Corporate Social Responsibility perusahaan. “Kita selama ini hadir diberbagai daerah tidak hanya sekedar bisnis tetapi juga berkomitmen untuk membangun masyarakat,” katanya.”Karena itu perusahaan terus fokus membantu pelaku UMKM. Para pelaku UMKM beberapa diantaranya menjadi penyumbang kesuksesan bisnis perusahaan,” katanya. Selain melalui program ini, saat ini PT HM Sampoerna Tbk sebagai bentuk peran serta pengembangan UMKM menyediakan program kemitraan bernama Sampoerna Ritel Community (SRC).

Di akhir acara diumumkan 3 UKM Terbaik yaitu Nining Tripurwati dengan usahanya PO. Sri Tanjung Traditional Care Cosmetics, Chairunnas dengan usahanya Baja Diva Manufacture serta Dicky Rinaldi dengan usaha yang di presentasikan Byru Batu Ringan CLC Pekanbaru.

Komentar

comments

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Inotek © 2014 - 2017