Data dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Provinsi DKI Jakarta, mulai 1 Januari – 21 Desember 2016 terjadi kebakaran sebanyak 1.139 kasus. Peristiwa kebakaran tersebut menelan korban tewas 20 orang dan kerugian bagi 3.618 KK atau 11.719 jiwa, serta kerugian materil mencapai Rp. 212.000.000.000.

Kejadian tersebut menjadi alasan dan dorongan untuk menghadirkan solusi bagi masyarakat melalui APAM (Alat Pemadam Api Medium). APAM merupakan pompa pemadam kebakaran portable yang menggunakan tenaga mesin sepeda motor sebagai sumber tenaga utamanya. Keistimewaan APAM yaitu, ringan, ringkas, portable, dan powerful. APAM diharapkan dapat menjadi solusi bencana kebakaran di kota-kota besar di Indonesia terutama di wilayah padat penduduk karena mampu menangani bencana kebakaran dengan efisien dan efektif.

Saat ini, Tim APAM diinkubasi oleh INOTEK melalui program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi yang didanai oleh Kemenristekdikti. APAM akan diinkubasi selama 8 bulan dimulai sejak April 2018. Video aplikasi APAM dapat dilihat pada link

Semoga teknologi tepat guna ini bermanfaat bagi masyarakat sebagai solusi yang efektif untuk penanggulangan bencana kebakaran.

Komentar

comments

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Inotek © 2014 - 2017