Workshop Peningkatan Kapasitas Akses Pendanaan Bagi UMKM | Build Back National Economy Better Program

07 Maret 2022

Karawang, 4 Maret 2022, UMKM dalam perekonomian memiliki peran yang penting dan strategis. Namun demikian, UMKM masih memiliki kendala, baik untuk mendapatkan pembiayaan maupun untuk mengembangkan usahanya. Dari sisi pembiayaan, masih banyak pelaku UMKM yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses kredit dari bank atau lembaga keuangan lainya, baik karena kendala teknis, sebagai contoh tidak mempunyai/tidak cukup agunan, maupun kendala nonteknis, misalnya keterbatasan akses informasi ke perbankan.

Sehubungan dengan hal tersebut, melalui program Build Back National Economy Better, INOTEK bekerjasama dengan Sampoerna untuk Indonesia telah menyelenggarakan workshop “Peningkatan Kapasitas Akses Pendanaan Bagi UMKM” yang diselenggarakan secara hybrid di Hotel Mercure Karawang dan melakukan streaming melalui Zoom Meeting dan Youtube INOTEK Foundation.

Dalam kegiatan ini ada tiga pemahaman yang diberikan guna meningkatkan kapasitas akses pendanaan, yang pertama adalah materi basic penggunaan aplikasi keuangan dan basic acounting, yang kedua pemahaman akses modal usaha KUR Bank Rakytat Indonesia dan yang ketiga akses pemodalan usaha dari PNM (Permodalan Nasional Madani).  

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan kepada para pelaku UMKM untuk bisa meningkatkan atau bahkan memberikan akses pendanaan untuk pengembangan usaha para pelaku UMKM

Selain kegiatan workshop peningkatan akses pendanaan pada hari sebelumnya (3 Maret 2022) telah diselenggarakan Business Matching antara UMKM Karawang dengan Retail dan Toko Oleh-Oleh. Kegiatan ini bertujuan untuk membuka jaringan pasar  produk lokal khususnya UMKM agar memiliki pasar yang luas sehingga dapat memulihkan kembali perekonomian.

Related Article

Blumbang Reksa