Program Wirausaha Inovatif Sumatera (WIS) adalah kerja sama Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) dan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) di bawah payung program Sampoerna Untuk Indonesia. Program WIS bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bisnis pelaku usaha kecil menengah (UKM) di 6 provinsi di Sumatera. Program WIS terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yaitu: Sosialisasi Program, Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bisnis, Seleksi dan Penjurian.

Program WIS bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bisnis pelaku usaha kecil menengah (UKM) di 6 provinsi di Sumatera, yaitu: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Riau, dan Lampung.

Sebanyak 397 UKM telah mengikuti kegiatan pelatihan yang diselenggarakan di 6 kota yaitu Medan, Banda Aceh, Padang, Palembang, Bandar Lampung dan Pekanbaru, dari bulan April sampai Mei 2017. Total 94 UKM telah mendaftar untuk mengikuti kompetisi bisnis WIS, dan telah dipilih 3 UKM terbaik untuk setiap provinsi, di mana proses seleksi dan penjurian telah dilaksanakan dari bulan Juli sampai dengan awal September 2017. Lebih lanjut peserta yang masuk seleksi untuk mengikuti pemilihan 3 UKM terbaik juga mendapatkan pendampingan bisnis (Business Coaching).

Selain mendapatkan pengetahuan untuk meningkatkan kapasitas bisnis, peserta program WIS juga mendapatkan manfaat dengan perluasan jejaring. Peserta UKM yang sering kesulitan untuk mendapatkan tempat memasarkan produknya dipertemukan dan dihubungkan dengan toko-toko retail yang tergabung dalam Sampoerna Retail Community.

Melalui program WIS juga diharapkan pelaku UKM di 6 provinsi di Sumatera dapat mengembangkan dan meningkatkan inovasi dalam menjalankan usahanya, sehingga bisa mengangkat potensi lokal menjadi berdaya saing.

Komentar

comments

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Inotek © 2014 - 2017