Wirausaha Bangkit Peduli “Dari Kita untuk Mereka”

07 Agustus 2021

Jakarta, 4 Agustus 2021 – Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) bersama dengan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) bersama 47 UMKM binaan menjalankan kegiatan UMKM Bangkit dan Peduli. Kegiatan yang berjalan pada 2-4 Agustus 2021 ini mengajak UMKM binaan untuk memproduksi dan membagikan bantuan kepada tenaga kesehatan dan masyarakat sekitar.

UMKM Bangkit dan Peduli mengusung tema “Berbagi dari Kita untuk Mereka” dan membagikan 250 paket makanan, masker dan hand sanitizer pada tenaga kesehatan RS Harum Sisma Medika dan RSUP Persahabatan, petugas dinas pemakaman di TPU Covid Rorotan dan para penderita COVID-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri di wilayah sekitar Pengadegan, Jatirawasari dan Jatinegara Barat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program Build Back National Economy Better (BBNEB) dari INOTEK dan Sampoerna yang ditujukan untuk mendukung wirausaha dan UMKM sebagai penopang perekonomian bangsa yang kini terdampak pandemi COVID-19. Program BBNEB dirancang untuk mendukung pemulihan ekonomi masyarakat dengan pendampingan bagi UMKM untuk beradaptasi di tengah keterbatasan gerak usaha akibat pembatasan sosial yang berlaku.

Dalam pelaksanaannya, INOTEK dan Sampoerna menggandeng beberapa mitra strategis, diantaranya adalah Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan mencakup 9 rusunawa di bawah 4 manajemen UPRS. BBNEB telah memberikan pendampingan bagi lebih dari 500 UMKM dengan fokus pada komersialisasi produk untuk meningkatkan kesejahteraan dan
taraf hidup UMKM.

Ivi Anggraeni selaku Direktur Eksekutif INOTEK Foundation berpesan, “Besar harapan kami agar kiranya langkah kecil ini dapat membantu memberikan tambahan energi positif bagi garda terdepan Covid-19 dalam melampaui perjuangan memulihkan negeri sekaligus memberdayakan wirausaha UMKM demi mendorong terciptanya Pemulihan Ekonomi Nasional”.

Perwakilan dari Sampoerna Welly Wiryanto, Regional Engagement & Sustainability Coordinator menyampaikan, “Program BBNEB ini adalah wujud nyata komitmen kami untuk berkontribusi kepada pemulihan ekonomi nasional, melalui payung program tanggung jawab sosial kami Sampoerna untuk Indonesia.”

Kepala UPRS II Marunda, Bapak Ageng Darmintono menyampaikan dukungannya kepada kegiatan ini yang mendorong kebangkitan UMKM dan turut peduli dalam memberikan semangat kepada pejuang kesehatan Indonesia.

Pendampingan kepada UMKM melalui program BBNEB akan dilaksanakan sampai dengan bulan Desember 2021 dengan beberapa rangkaian kegiatan pelatihan, pelaksanaan Wirausaha Bangkit dan Peduli lanjutan, Festival UMKM #BangkitWirausaha, dan berbagai kegiatan komersialisasi UMKM serta dukungan penjualan produk UMKM melalui Instagram inotek.market.

Related Article

BEKRAF Habibie Festival

TUJJU KOMBUCHA