Peningkatan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu penopang pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Program dari PT. HM Sampoerna Tbk yang dinamakan Sampoerna Retail Community (SRC), telah berhasil mengembangkan 57 peritel di 2008 hingga menjadi 60.000 peritel di 2018 di seluruh Indonesia. Sebagai informasi, SRC merupakan program pemberdayaan Sampoerna terhadap peritel tradisional melalui edukasi penataan toko, strategi pemasaran, dan manajemen keuangan.

Dalam rangka mendukung dan memperkuat ekonomi daerah, PT. HM Sampoerna Tbk. di bawah payung program tanggung jawab sosial perusahaan “Sampoerna untuk Indonesia” bekerjasama dengan Yayasan Inotek meluncurkan program Sampoerna Retail Community (SRC) Development Program yang bertujuan untuk mewujudkan UMKM yang berkualitas dan mandiri.

Program diluncurkan pada bulan Oktober 2018 dan akan diadakan selama 6 bulan melalui 3 rangkaian kegiatan yaitu outreach, pelatihan, dan business coaching kepada 600 anggota SRC di wilayah Sumatera Selatan, Aceh dan Sumatera Utara. Total 600 UKM akan ditingkatkan kapasitas usahanya dan didampingi untuk memiliki daya saing. Kerjasama dan sinergitas dengan pemerintah dan stakeholder lokal akan lebih ditingkatkan untuk memberikan dampak postif terhadap keberlangsungan program.

Melalui program ini, diharapkan pelaku UKM dapat mengembangkan dan meningkatkan inovasi dalam menjalankan usaha, sehingga berdaya saing.

Komentar

comments

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Inotek © 2014 - 2018