Program Wirausaha Inovatif Berbasis Sosial dan Lingkungan 2014-2015 Memasuki Tahap Akhir

17 Juni 2015

[column parallax_bg=”disabled” parallax_bg_inertia=”-0.2″ extended=”” extended_padding=”1″ background_color=”” background_image=”” background_repeat=”” background_position=”” background_size=”auto” background_attachment=”” background_video=”” vertical_padding_top=”0″ vertical_padding_bottom=”0″ more_link=”” more_text=”” left_border=”transparent” class=”” id=”” title=”” title_type=”single” animation=”none” width=”2/3″]

Program Wirausaha Inovatif Berbasis Sosial dan Lingkungan (WIBSL) merupakan wujud kerjasama antara PT. HM Sampoerna, Tbk dan Yayasan INOTEK. Program ini bertujuan untuk mencari UKM dan mendorong pertumbuhan UKM yang mempunyai tanggung  jawab sosial dan lingkungan.  PT. HM Sampoerna dan INOTEK berharap bahwa program ini akan turut membantu menghasilkan UKM –UKM yang berkualitas dan berdaya saing. Program   yang diluncurkan pada bulan Oktober 2014  memiliki 4  tahapan kegiatan dan kini akan  menyelesaikan  kegiatan tahap ke tiga, dan akan memasuki tahap ke empat.  Sedikit mengulas dan merangkum tahapan kegiatan program tersebut  adalah:

  1. Tahap Pertama: Sosialisasi Program
  2. Tahap ke Dua : Pelatihan
  3. Tahap Ke 3  : Pendampingan
  4. Tahap Ke Empat  : Investor Forum

Sosialisasi Program telah dilaksanakan di 7 kota (Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Jember, dan Palembang) dari bulan Oktober 2014 sampai dengan bulan Januari 2015 dan dihadiri total 277 peserta.  Sosialisasi Program sekaligus juga membuka pendaftaran bagi UKM yang ingin berpartisipasi dalam kompetisi WBSL, dimana pendafataran kompetisi ini dibuka dari bulan Oktober 2014 sampai dengan  akhir bulan Februari 2015.

Kegiatan Sosialisasi kemudian diikuti dengan pelaksanaan kegiatan Pelatihan  yang juga dilaksanakan di 7 kota tersebut di atas, dan diikuti tidak hanya oleh peserta yang mendaftar untuk mengikuti Kompetisi WIBSL tetapi juga peserta yang tidak mendaftar sebagai peserta kompetisi.  Acara pelatihan di 7 kota ini dihadiri oleh total 236 peserta, dan diselenggarakan dari  bulan  April 2015 – Mei 2015.

Dua topik yang diangkat dalam Pelatihan ini adalah  Mengelola Merek dan Strategi Pemasaran serta Mengelola Keuangan UKM. Kegiatan Pelatihan ini dilakukan dengan cara interaktif dan menekankan terjalinnya diskusi antar peserta. Peserta Pelatihan berpartisipasi aktif dengan banyak mengajukan pertanyaan kepada nara sumber dan berdiskusi dengan sesama peserta untuk membahas soal atau contoh kasus yang diajukan oleh nara sumber.

Kegiatan sosialisasi, pelatihan  di 7 kota melibatkan peran perguruan tinggi setempat, Dinas terkait pemerintahan, lembaga bisnis dan organisasi masyarakat –LSM.

Sejalan dengan kegiatan pelatihan, INOTEK juga melakukan validasi lapangan kepada peserta Kompetisi, dan tim juri juga melakukan penilaian terhadap proposal yang masuk. Total terdapat 123 proposal yang masuk.  Dari 123 proposal yang masuk ini tim juri telah memutuskan 21  peserta sebagai semifinalis. Adapun nama-namanya sebagai berikut (urutan nama tidak berdasarkan  tingkatan  penilaian):

1. Mushroom Van Java                                                                 12. CV. Indotani Makmur

2. The Trekkers Perahu Aluminium                                           13. Borneo B Jewelry

3. Project B Indonesia                                                                    14. Heystartic Av Peduli

4. SAS Indomerapi                                                                          15. Jawa Painting

5. Lembaga Sentra Pemuda Taruna Purba Mandiri              16. CV. Dusun Sahabat Alam

6. CV.Margo Gambas                                                                     17. UD. Favoriete

7. Zie Batik                                                                                         18. Jatiman Food

8. Bandeng Duri Lunak                                                                  19. CV. Permata Asa Globalindo

9. CV.Holstein Indonesia                                                              20. Palembang Souvenir House

10. Global Net Super Roti Cake & Bakery                                   21. Chardamarta Pewarnaan Alam

11. CV. Andromeda

Ke 21 semifinalis ini akan mendapatkan bimbingan dan pendampingan untuk dapat melakukan business pitch di depan investor.

Ke 21 semifinalis diundang ke Jakarta pada tanggal 25 dan 26 Juni 2015 untuk mendapatkan pendampingan dan mengikuti seleksi tahap berikutnya untuk memilih finalis.  Peserta yang terpilih sebagai finalis akan mendapatkan kesempatan untuk presentasi di depan Investor di acara Investor Forum bulan Agustus 2015.

[/column]

[column parallax_bg=”disabled” parallax_bg_inertia=”-0.2″ extended=”” extended_padding=”1″ background_color=”” background_image=”” background_repeat=”” background_position=”” background_size=”auto” background_attachment=”” background_video=”” vertical_padding_top=”0″ vertical_padding_bottom=”0″ more_link=”” more_text=”” left_border=”transparent” class=”” id=”” title=”” title_type=”single” animation=”none” width=”1/3″ last=”true”]

[portfolio layout=”static” nopaging=”false” column=”1″ max=”20″ title=”false” desc=”false” more=”Read more” group=”true” cat=”” ids=”23297″]

[/portfolio]

[/column]

Related Article

Genitech