Pelatihan Strategi Bisnis Lestari dalam Program Build Back National Economy Better

05 Juli 2021

Jakarta, 2 Juli 2021 Lingkungan alam yang sehat dan lestari menjadi tanggung jawab kita bersama dalam menjalankan berbagai aspek kehidupan termasuk dalam berwirausaha. Saat ini berwirausaha tidak semata hanya mencari keuntungan, namun harus memiliki dampak untuk memperbaiki atau bahkan sekedar mengurangi berbagai masalah lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang lestari.

Di era teknologi informasi seperti saat ini sebuah produk ataupun usaha tidak saja diawasi oleh pelanggan, tetapi juga masyarakat umum. Bahkan kedewasaan pemahaman masyarakat akan pentingnya tata kelola sebuah usaha, isu lingkungan dan produk-produk ramah lingkungan menjadi perhatian masyarakat modern. Maka harus kita pahami bahwa kesadaran atas keberlanjutan saat ini telah menjadi tuntutan yang tidak bisa diabaikan.

Melalui Program Build Back National Economy Better, INOTEK Foundation yang didukung oleh Sampoerna Untuk Indonesia membekali para wirausahawan mikro dan kecil binaannya yang berasal dari 9 rusunawa di wilayah DKI Jakarta dengan Pelatihan Bisnis Lestari. Hal ini didasari pada pemikiran bahwa usaha mikro dan kecil di Indonesia tidak hanya sekedar start-up melainkan juga harus scale-up.

Irma Sitompul yang menjadi nara sumber pada pelatihan ini sekaligus merupakan pendiri Yayasan Pratisara Bumi Lestari menyampaikan bahwa sebuah usaha yang memiliki strategi lestari dan berkelanjutan adalah yang memperhatikan setiap aspek operasional usaha dimulai dari supply chain, produksi, penyampaian produk/jasa ke konsumen hingga pengolahan limbah yang memiliki prinsip peduli terhadap konsumen dan lingkungan alam. Sebuah bisnis harus memiliki prinsip 3P yaitu People, Planet dan Profit. Irma juga menyampaikan beberapa contoh langkah-langkah kritis yang dapat dilakukan untuk dapat mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam strategi usaha sehingga para wirausahawan ini dapat berkontribusi terhadap penciptaan sebuah usaha yang lestari dan berkelanjutan.

Pelatihan ini diharapkan dapat mengubah paradigma wirausaha yang hanya mengutamakan profit tetapi sebagai wirausaha harus mampu bertanggung jawab terhadap sosial dan lingkungan alam sekitar melalui langkah-langkah sistematis dan bertahap dalam mencapai tujuan keberlanjutan kehidupan yang lebih baik. 

Related Article

Workshop Get Funded