Pelatihan Program Wirausaha Inovatif Berbasis Sosial & Lingkungan di Kota Palembang

06 April 2016

Kota Palembang di provinsi Sumatra Selatan merupakan salah satu lokasi yang didatangi Inotek dan PT. HM Sampoerna Tbk dalam meningkatkan kapasitas UKM, melalui pelatihan program Wirausaha Inovatif Berbasis Sosial dan Lingkungan (WIBSL). Acara diselenggarakan tanggal 19 Maret 2016 di hotel Imara Palembang. Peserta pelatihan yang datang mayoritas merupakan peserta baru dan belum mengenal program WIBSL. Dinkop UMKM dan Disperindag kota Palembang banyak membantu menghadirkan peserta UKM.

Sesi pelatihan dimulai dengan topik tentang Rencana Pengembangan Usaha yang disampaikan oleh bapak Saiful Alamsyah. Penjelasan dan tips-tips diberikan untuk UKM bila ingin “naik kelas”, hal-hal apa yang perlu dipersiapkan dan dibenahi khususnya dari sisi keuangan, dan diberikan latihan untuk membuat Rencana Usaha, mulai dari latihan menyusun RAB, cash flow, neraca rugi laba dan menghitung titik impas. Peserta dengan antusias mengerjakan soal dalam kelompok dan berdiskusi.

Sesi ke dua isi oleh Bapak Rizkie Maulana Putra yang membahas berubahnya perilaku konsumen sehingga medorong cara pemasaran dan promosi baru yaitu online marketing dan digital marketing. Dibahas juga perbedaan antara online marketing berbayar dan tidak berbayar,bagaimana menggunakan sosial media. Dan seberapa efisiensi dan efektivitas menggunakan media on line dengan media konvensional.

Sesi tanya jawab juga dimanfaatkan peserta untuk menggali informasi dari nara sumber. Acara diakhiri dengan foto bersama.

Related Article

Sulis