Pelatihan Program Wirausaha Inovatif Berbasis Sosial & Lingkungan di Kota Banyuwangi

06 April 2016

Banyuwangi merupakan lokasi baru di mana di tahun sebelumnya sosialisasi dan pelatihan diadakan di kota Jember. Hal ini dilakukan karena melihat potensi UKM di Banyuwangi dan untuk membuka jejaring baru yang lebih luas untuk program WIBSL. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2016 di hotel Mirah Banyuwangi. Peserta yang hadir pada kegiatan sosialisasi dan pelatihan di Banyuwangi ini banyak didorong dari jejaring Dinkop UMKM dan Disperindag. Dan sebagian juga dari jejaring EBA,mitra lokal Inotek di Jawa Timur.

Mengingat semua peserta adalah peserta baru dan belum pernah mendengar tentang program WIBSL maka sosialisasi program diberikan lebih dahulu. Banyak pertanyaan yang terkait dengan program, persyaratan dan mekanismenya. Bapak Arga Prihatmoko juga memberikan sambutan dan menjelaskan tentang program Sampoerna Untuk Indonesia.

Tiga nara sumber mempresentasikan  3 topik yang relevan untuk UKM, yaitu: Ibu Santi Djiwandono untuk topik Prinsip-Prinsip PR untuk UKM,  bapak Yudi Prima untuk sesi “Network Marketing” dan Desiree Muntu Daramawan untuk topik Pajak untuk UKM.

Pada sesi pertama, peserta diajak untuk mengasah kemampuan mengkomunikasikan nilau dari usahanya, dan menemukan keunikan nilai dibalik produk, dan bagaimana mengatasi berita atau persepsi negatif tentang produk dan usahanya. Di sesi ke dua peserta diberikan wawasan untuk mempergunakan jejaring melalui google search engine, dan diberikan contoh-contoh dan langkah-langkah bagaimana mengusai Top search key words di google.

Related Article

Sulis

TCM