Plastik merupakan suatu benda yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Sampah plastik tergolong dalam sampah non organik yang sangat berbahaya bagi lingkungan karena membutuhkan waktu dan proses yang lama yaitu 1.000 tahun untuk dapat diuraikan secara alami di tanah dan 450 tahun untuk terurai di air. Penumpukan sampah plastik telah menimbulkan masalah lingkungan dan kesehatan. Selain merusak keindahan pantai dan laut, sampah plastik dapat terdisintegrasi menjadi mikro dan nanoplastik, larut dalam air laut dan masuk ke rantai makanan.

Kemasan Biodegr (edibel) adalah bioplastik dari rumput laut yang dapat di makan dan terurai di alam, tidak seperti plastik biasa yang sangat mencemari lingkungan, produk kami sangat ramah lingkungan karena terbuat dari bahan alami tanpa mengandung bahan kimia yang berbahaya. Kemasan dari rumput laut ini dapat dibuat sebagai kemasan edibel atau biodegradabel, berbentuk sachet / lembaran. Setelah tidak terpakai, kemasan ini dapat dibuang ke tanah dan menjadi pupuk bagi tanaman, dan aman jika dibuang ke saluran air.

Saat ini, Kemasan Biodegr (edibel)  diinkubasi oleh INOTEK melalui program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi yang didanai oleh Kemenristekdikti. Kemasan Biodegr (edibel) akan diinkubasi selama 1 Tahun terhitung sejak Maret 2019.

Semoga dengan adanya produk ini mampu mengurangi sampah plastik dan sebagai solusi alternative kemasan ramah lingkungan.

Komentar

comments

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Inotek © 2014 - 2018