Innovator Forum ke-8

07 November 2014

[column width=”2/3″ title=”” title_type=”single” animation=”none” implicit=”true”]

INNOVATOR FORUM

Innovator Forum adalah acara yang digagas oleh Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) sebagai sarana untuk mendukung pengembangan  ekosistem di daerah yang kondusif terhadap pertumbuhan teknologi tepat guna dan UKM berbasis teknologi tepat guna. Dalam hal ini Innovator Forum adalah sebuah sarana bagi para inovator, pengelola inkubator bisnis, pemerintah, akademisi, dan UKM berbasis teknologi tepat guna untuk mengembangkan kapasitas serta berbagi pengalaman dalam mengembangkan teknologi tepat guna dan komersialisasinya.

Innovator Forum ke-8 diselenggarakan di Hotel Grand Aston, Yogyakarta dengan tema utama “Teknologi Tepat Guna Untuk Akselerasi Industri dan Wirausaha”. Acara ini didukung sepenuhnya oleh The Lemelson Foundation dan bekerjasama dengan MITI Mahasiswa Yogyakarta.

Innovator Forum dibuka oleh Bapak Sandiaga Uno selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan INOTEK dan Bapak Diyanto Imam selaku Direktur Eksekutif Yayasan INOTEK.

Pada hari pertama Innovator Forum mengetengahkan sesi plenary dengan topik “Teknologi Tepat Guna dalam Bidang Pertanian” dengan pembicara Bapak Prijo Soetedjo, dosen senior Pasca Sarjana Universitas Nusa Cendana Kupang Nusa Tenggara Timur dan Sekretaris Dewan Pengurus INOTEK dan Bapak Gembong Priyatmo, Dirut Lembaga Research Pendawa Multy Farm. Sesi plenary kedua memunculkan topik “Teknologi Tepat Guna dalam Bidang Perikanan, Pangan, dan Energi” dengan pembicara Bapak Ir. Agus Susanto dari BTTK, LIPI dan Bapak Riptanto Edi Widodo seorang inovator akar rumput.

Hari kedua Innovator Forum diisi dengan serangkaian sesi paralel. Sesi paralel di pagi hari mengangkat topik “Teknologi Tepat Guna dan Potensi Wirausaha Lokal” dengan pembicara para Inovator Inotek yaitu Bapak Agus Purnama, Bapak Wahono Handoko, dan Bapak Adhita SP. Sesi paralel lainnya mengupas “Alternatif Pendanaan untuk UKM” dengan pembicara Bapak Adi Sudewa dari Aavishkaar dan Ibu Adee Tiwow dari PT. SEI.

Sesi paralel dilanjutkan dengan tiga sesi di siang hari dengan judul “Mengembangkan Pasar dan Membangun Merek” yang dibawakan oleh Bapak Firmansyah Budi Prasetyo, pemilik “Cokro Telo”, “Crowd Funding untuk Teknologi Tepat Guna” yang dibawakan oleh Bapak Vikra Ijas dari Kitabisa.com dan “Standarisasi dan Sertifikasi Produk” yang dibawakan oleh Bapak Dr. Wahyu Supartono, dari UGM.

Untuk materi presentasi bisa di unduh disini

[/column]

[column width=”1/3″ last=”true” title=”” title_type=”single” implicit=”true”]

[portfolio layout=”static” nopaging=”false” column=”1″ max=”100″ title=”false” desc=”false” more=”Read more” group=”true” cat=”” ids=”22836″]

[/portfolio]

[/column]

Related Article

TUJJU KOMBUCHA