HEALTHY INDONESIAN CUISINE WITH MILLET – PROGRAM PINTAR

22 Februari 2023

Jakarta, 20 Januari 2023 – PBB telah menetapkan mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan gizi yang lebih baik, dan mempromosikan pertanian berkelanjutan sebagai tujuan yang kedua dari 17 Sustainable Development Goals untuk tahun 2030. Misi India untuk semua kini bergerak menuju Keamanan Pangan. Dewan Riset Pertanian India merekomendasikan Millet sebagai sereal alternatif masa depan dan telah mengembangkan rantai pasok Millet untuk memperluas dan memenuhi kebutuhan dan permintaan Millet. India telah memperkenalkan Millet sebagai sereal bernutrisi unggul yang tinggi protein & serat, lambat dalam pelepasan karbohidrat, mineral dan vitamin yang baik dan juga bebas gluten. Millet juga menawarkan peluang besar untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan Keamanan Iklim karena produksinya sesuai dengan transformasi pangan dan sistem tata guna lahan yang ramah lingkungan.

Disponsori oleh India dan didukung oleh 70 negara, Majelis Umum PBB mendeklarasikan tahun 2023 sebagai Tahun Millet Internasional untuk menempatkan Millet dalam diet global dalam mengatasi malnutrisi serta bergerak menuju keamanan nutrisi. Indonesia merupakan mitra potensial dalam mempromosikan Millet sebagai alternatif makanan bergizi dalam hal demografi, lahan dan penggunaan tepung (siap masak dan siap makan). Indonesia dalam usaha mengatasi tantangan ketahanan pangan dan malnutrisi telah mengembangkan berbagai tanaman asli dan membuka sumber daya alternatif baru.

Program PINTAR yang merupakan singkatan dari Pemuda INovatif, berToleransi and Responsif ini mengadakan HEALTHY INDONESIAN CUISINE WITH MILLET dengan inisiasi Kedutaan Besar India, Jakarta, dilaksanakan oleh Yayasan INOTEK, didukung oleh Komunitas PINTAR, INDIKA Foundation, Chairos, para wirausaha kuliner, 3sixty dan Agrinex Farm. 150 anak muda yang inovatif dan bersemangat dengan lebih dari 60% adalah wanita, untuk menjadi youngpreneur bergabung dalam program ini dan mengembangkan masakan yang inovatif & kreatif berbahan baku Millet dan diharapkan dapat menjadi inisiasi bisnis yang potensial di masa depan.

Serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam Program Pintar ini bertujuan untuk menciptakan keterampilan inovatif, responsif dan kewirausahaan melalui kegiatan sebagai berikut:

  1. Penanaman Bibit Millet: aksi sosial nyata untuk mengedukasi generasi muda tentang  Millet sebagai sumber pangan alternatif
  2. Kompetisi Memasak : kompetisi untuk menemukan resep makanan baru dan inovatif dengan menggunakan Millet sebagai sumber makanan bergizi tinggi yang dipadukan dengan masakan tradisional dan modern Indonesia. Dua kategori yang diperlombakan adalah: Makanan Indonesia menggunakan Millet, dan Resep inovasi baru menggunakan Millet. Kompetisi ini juga bertujuan untuk membangun jiwa kewirausahaan dimana masing-masing kelompok akan mengembangkan model bisnisnya dengan ide bisnis produk pangan berbasis Millet
  3. Millet Cuisine Food Tasting: Hidangan akan dipresentasikan oleh masing-masing kelompok dan dinilai oleh juri. Penyerahan penghargaan dilakukan bagi pemenang lomba memasak dalam dua kategori tersebut di atas.

Kegiatan HEALTHY INDONESIAN CUISINE WITH MILLET akan mendayagunakan pemuda sebagai penerus perjuangan generasi sebelumnya dalam mewujudkan cita-cita bangsa agar terpicu untuk memberikan ide dan mengimplementasikan solusi inovatif & responsif guna menjawab tantangan ketahanan pangan ke depannya sebagai seorang wirausaha. Kegiatan ini juga untuk mengedukasi dan mensosialisasikan International Year of Millet dan juga Millet sebagai solusi ketahanan pangan.  

Related Article

Legend Tren