Jakarta, 11 Maret 2019 Inotek mengikuti kegiatan acara Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh LPEM FEB UI di Gedung Ali Wardhana Kampus UI  Salemba. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari acara Focus Group Discussion pertama yang diselenggarakan pada tanggal 4 Maret 2019. Diacara sebelumnya menemukan bahwa terdapat setidaknya 7 aspek yang dianggap paling penting bagi persyaratan UMKM naik kelas, yaitu:

  1. skala usaha
  2. manajemen operasi
  3. legalitas
  4. manajemen keuangan
  5. jaringan informasi
  6. manajemen pemasaran
  7. mindset

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, UMKM juga berperan dalam distribusi pendapatan dan hasil‐hasil pembangunan. Selain itu, UMKM juga telah terbukti tahan terhadap gejolak perekonomian; pada periode krisis ekonomi di tahun 1997–1998, UMKM—khususnya usaha mikro dan kecil—jauh lebih mampu untuk tetap berdiri kokoh dibanding usaha menengah besar. Namun yang perlu menjadi perhatian bersama adalah bahwa struktur UMKM di Indonesia selama 10 tahun terakhir belum mengalami banyak perubahan, di mana jumlah unit usaha dengan pangsa terbesar masih merupakan usaha mikro (98,7%), sementara Usaha Kecil hanya 1,2%, usaha menengah 0,11%, dan usaha besar hanya 0,01%.

Luaran dari kegiatan acara Focus Group Discussion ini adalah untuk  mendapatkan masukan dari pemangku kepentingan mengenai aspek, dan indikator dari UMKM untuk naik kelas yang telah dikonstruksi. Bersama‐sama memberikan pembobotan terhadap aspek‐aspek yang dianggap paling penting dalam menyusun persyaratan UMKM naik kelas.

Komentar

comments

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Inotek © 2014 - 2018