Inotek bekerja sama dengan PT HM Sampoerna, Tbk di bawah payung Sampoerna untuk Indonesia” menggelar acara Bincang-Bincang Wirausaha Inovatif Sumatera. Acara ini digelar di Hotel Grand Mercure Medan tanggal 9 September 2017. Acara ini merupakan puncak rangkaian kegiatan dari program “Wirausaha Inovatif Sumatera” yang terdiri dari penguatan UKM melalui pelatihan dan kompetisi untuk mencari pelaku UMKM yang inovatif dan berdaya saing.

Taruli Asima Aritonang, Manager Relations dan CSR PT HM SampoernaTbk., mengatakan bahwa program Wirausaha Inovatif Sumatera fokus pada enam kota di Pulau Sumatera, yaitu Medan, Banda Aceh, Padang, Bandar Lampung dan Pekanbaru, dan Palembang. “Melalui program ini, kami berharap dapat turut serta meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM di Kota Medan dan sekitarnya. Semoga dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh Sampoerna dan Inotek dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin seperti menambah jejaring atau saling bertukar pengalaman antar sesama UMKM dalam menjalankan usahanya” jelasnya.

Program Manager Yayasan Inotek Setyowati Rahayu menjelaskan tentang apa yang ingin dicapai dari Program WIS: “Kami ingin mencari UMKM yang punya potensi, punya daya saing yang bisa naik kelas. Kami ingin memperluas jejaring pelaku UMKM. Oleh karena itu, kami terus menghimbau untuk memanfaatkan peluang-peluang untuk berjejaring contohnya dengan retailer seperti Sampoerna Retail Community.

Untuk menambah kapasitas para pelaku UKM di Sumatera Utara, Inotek dan Sampoerna Untuk Indonesia mengundang para narasumber yang merupakan para pelaku UKM Bapak Andromeda (Sweet Sundae Ice Cream), Ibu Lucy Mayasanti (Serba Susu Lembang) dan Bapak Reza Pratikto (Intras). Bapak Andromeda dan Ibu Lucy menceritakan perjalanan bisnis, bagaimana mempertahankan dan mengembangan usahanya. Sedangkan Bapak Reza Pratikto selaku Business Coach mengulas tantangan dan kendala yang akan dihadapi oleh setiap tahapan perkembangan bisnis/usaha. Didalam kegiatan ini masing-masing nara sumber memberikan masukan kepada peserta mengenai apa saja yang harus dipersiapkan dalam setiap pengembangan usaha, dan solusi apa yang dianjurkan jika menghadapi kendala.

Di akhir acara “Bincang-Bincang Wirausaha Inovatif Sumatera”, diumumkan 3 UKM Terbaik kompetisi bisnis untuk area Sumatera Utara, yaitu Dodol Sejahtera, Royyan Rambutan House, dan Ayam Herbal. Ketiga UKM ini dapat menunjukkan bahwa mereka mampu menghadirkan usaha inovatif di Sumatera Utara dengan memaksimalkan potensi lokal serta dapat menunjukan potensi kapasitas organisasi yang berdaya saing.

Komentar

comments

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Inotek © 2014 - 2017