HADI

Tidak mudah bagi seorang inovator untuk memasyarakatkan inovasinya. Diperlukan kegigihan dan komitmen tinggi untuk mengkomersialisasikan teknologi yang bermanfaat untuk masyarakat. Hal ini dirasakan oleh Hadi Apriliawan, salah satu inovator lulusan program mentoring Inotek.

Hadi mengikuti program mentoring Inotek dari tahun 2010 sampai 2014 dengan inovasi Susu Listrik (Sulis). Sulis merupakan alat pasteurisasi berbasis listrik, dengan metode Pulsed Electrical Field (PEF). Mesin ini dapat menonaktifkan 99% mikroorganisme tanpa merusak kandungan protein dan nutrisi, dan memperpanjang waktu penyimpanan susu 2-5 hari dalam temperatur ruangan.

Dengan fasilitas program mentoring Inotek, Hadi telah menyempurnakan prototye Sulis sehingga menjadi produk yang siap untuk dipasarkan. Perluasan jejaring juga telah dilakukan sehingga berhasil menjalin kemitraan dengan investor.

Ditemuai tim Inotek di kantornya, PT. MaxZer Solusi Steril di Malang, Jawa Timur, Hadi menceritakan tentang perkembangan yang diraih setelah lepas dari program Mentoring Inotek. Alat Sulis telah dikembangkan tidak hanya berkapasitas produksi 10l, 50l, dan 100 l, tetapi juga dengan kapasitas produksi 1000L untuk memenuhi kebutuhan kastamer. Tidak hanya itu, dibawah bendera usaha PT MaxZer, telah diproduksi juga mesin-mesin turunan produk susu yang lain, seperti mesin produksi keju dan yoghurt. Bermitra dengan kelompok peternak, produk keju, yoghurt, dan sabun susu juga telah diproduksi dan dipasarkan.

Dengan jumlah pegawai tetap sebesar 12 orang, Hadi terus berinovasi untuk mengembangkan usahanya dan menjangkau seluruh Indonesia. Hadi tengah mengejar sertifikasi BSN (Badan Standardidasi Nasional) untuk mesin Sulisnya. Dengan fasilitasi dari Inotek, Hadi mendapat bimbingan dari BSN untuk melengkapi persyaratan SNI.

“Saya sangat bersyukur bisa bertemu dengan INOTEK dan masuk ke program mentoring Inotek. Karena dengan fasilitas mentoring, saya bisa mengembangkan inovasi saya sampai sebesar ini”, ujar Hadi. Berangkat dari keluarga peternak, Hadi akan terus berupaya untuk turut mengangkat kehidupan peternak melalui inovasinya.

Kita doakan agar usaha Hadi makin berkembang, dan inovator-inovator binaan Inotek bisa meraih sukses juga setelah lulus dari program mentoring Inotek.

Komentar

comments

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2014 Inotek | Optimized by Sukaweb.com